STEPS DESIGN THINKING PROCESS

STEPS DESIGN THINKING PROCESS

Design Thinking adalah pendekatan untuk memecahkan masalah yang berpusat pada manusia, yang menekankan empati terhadap pengguna akhir, kolaborasi antara tim lintas disiplin, serta iterasi cepat melalui pembuatan prototipe dan pengujian. Proses ini tidak hanya mengutamakan hasil akhir yang inovatif tetapi juga memperhatikan pengalaman pengguna secara mendalam. Berikut adalah langkah-langkah dalam proses Design Thinking:

  1. Empati (Empathize):
  • Memahami masalah dari sudut pandang pengguna.
  • Mengumpulkan wawasan melalui observasi, wawancara, dan pemeriksaan langsung di lingkungan pengguna.
  1. Definisikan (Define):
  • Merumuskan dengan jelas masalah berdasarkan wawasan yang diperoleh selama tahap empati.
  • Menganalisis dan mensintesis observasi untuk mengidentifikasi inti permasalahan dan peluang untuk inovasi.
  1. Ideasi (Ideate):
  • Menghasilkan ide dan solusi.
  • Mendorong kreativitas dan menjelajahi berbagai kemungkinan tanpa penilaian.
  • Teknik seperti brainstorming, mind mapping, dan sketsa sering digunakan untuk memfasilitasi proses ideasi.
  1. Prototipe (Prototype):
  • Membangun representasi tanggapan dari ide yang dihasilkan selama fase ideasi.
  • Prototipe dapat mengambil berbagai bentuk tergantung pada kompleksitas masalah dan dapat berupa sketsa kasar hingga model yang lebih rumit.
  1. Uji (Test):
  • Menguji prototipe dengan pengguna untuk mendapatkan umpan balik.
  • Menggunakan umpan balik ini untuk menyempurnakan solusi, mengulang prototipe, dan mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang pengalaman pengguna.
  1. Implementasi (Implement) (kadang-kadang disebut “Implement & Iterate”):
  • Menerapkan solusi yang disempurnakan.
  • Terus mengulang berdasarkan umpan balik dan wawasan baru yang diperoleh selama implementasi.
  1. Belajar (Learn):
  • Merenungkan seluruh proses dan belajar dari keberhasilan maupun kegagalan.
  • Menangkap pelajaran yang dipelajari untuk diterapkan pada proyek atau iterasi mendatang.

Langkah-langkah ini tidak selalu bersifat linear dan bisa tumpang tindih atau dikunjungi kembali sesuai kebutuhan selama proses desain. Sifat iteratif dari Design Thinking memungkinkan fleksibilitas dan mendorong perbaikan dan inovasi yang berkelanjutan.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.com, olimpiadekita.com, pusatbelajar.online, kompetisionline.com, kompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi posNavigasi pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *