Hari Pendidikan Nasional 02 MEI 2024

Hari Pendidikan Nasional 02 MEI 2024

Setiap tahunnya pada tanggal 2 Mei, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional (hardiknas). Meski hari ini bukan hari libur, namun banyak masyarakat yang merayakan Hari Pendidikan Nasional.

Hari Pendidikan Nasional merupakan hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati Ki Hajar Dewantara, salah satu pahlawan nasional kita.

Ki Hajar Dewantara adalah pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri Lembaga Pendidikan Taman Siswa.

Hari Pendidikan Nasional diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara. Bapak pendidikan Indonesia ini lahir dari keluarga kaya raya pada masa penjajahan Belanda.

Ki Hajar Dewantara dianggap sebagai sosok pemberani karena mampu menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa penjajahan. Kebijakan ini berarti hanya anak-anak kelahiran Belanda dan orang-orang kaya yang mempunyai akses terhadap pendidikan.

Ki Hajar Dewantara diasingkan ke Belanda karena mengkritik pemerintah kolonial Belanda. Setelah beberapa lama mengasingkan diri, ia mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 3 Juli 1922.

Berkat keberhasilannya dalam memajukan pendidikan di Indonesia, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan setelah Indonesia merdeka.

Beliau juga merupakan wakil dari filsafat pendidikan Indonesia yaitu Tut Uri Handayani atau Dorongan.
Filosofi inilah yang kemudian dijadikan semboyan dunia pendidikan Indonesia.

Pada tanggal 26 April 1956, Ki Hajar Dewantara meninggal dunia dan meninggalnya beliau membuat seluruh bangsa Indonesia berduka.

Sebagai pengakuan atas prestasinya di bidang pendidikan, pemerintah Indonesia menetapkan hari ulang tahunnya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari ini ditetapkan dengan Keputusan Presiden No. 316 tanggal 16 Desember 1959.

Meski bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional banyak diperingati dalam bentuk upacara pengibaran bendera di berbagai lembaga pendidikan seperti PAUD, TK, SD, SMP, SMA, kecamatan, dan perguruan tinggi tingkat pusat.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi posNavigasi pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *